Kamis, 19 Januari 2017

Pembentukan Kepanitiaan Antar Lembaga Olimpiade Komunitas TIK se Garut III


Garut, 19 Januari 2017. Bertempat di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika kabupetan Garut dilaksanakan pertemuan antar lembaga yang dihadiri oleh Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut, Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Kandatelkom Garut, Relawan / Komunitas TIK Garut.

Dalam pertemuan tersebut disepakati Olimpiade ini dibagi menjadi tiga kelompok lomba, yakni informasi, teknologi informasi, dan pengguna. e-Garut yang merupakan lomba Hackathon masuk dalam kelompok lomba teknologi informasi. Sebagaimana Hackathon, lomba ini diikuti oleh tim untuk membuat aplikasi skala kecil yang ditentukan Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut untuk SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dalam rentang waktu pengembangan selama satu bulan sesuai rekomendasi dari dosen Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Lomba tersebut menguji kemampuan rekayasa perangkat lunak. Ketua Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut merekomendasikan kategori kedua, yakni lomba untuk aplikasi dengan fungsi yang lebih banyak dan dikerjakan lebih dari satu bulan dengan pemanfaatan bebas di SKPD manapun. Hal ini untuk membuka peluang keluaran dari kegiatan magang dan penelitian untuk diserap oleh Pemerintah Garut. Syarat pesertanya adalah relawan, sehingga aplikasi yang dibuat dengan swadaya sendiri oleh peserta akan diberikan kepada Pemerintah Garut secara sukarela demi amal.  

Olimpiade juga akan melanjutkan kegiatan lomba-lomba bidang teknologi informasi dan komunikasi yang telah diselenggarakan sebelumnya baik oleh Komunitas TIK Garut ataupun Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut. Seperti lomba Blog dan Poster yang akan masuk kelompok lomba informasi, perakitan komputer dan jaringan yang akan masuk kelompok lomba teknologi informasi, serta penyuluh literasi digital yang akan masuk kelompok lomba pengguna. Kandidat lomba yang akan diselenggarakan oleh panitia adalah sebagai berikut : 
  1. Kelompok Lomba Informasi, meliputi : Blog, Vlog, Poster, dan Video untuk kampanye "Demi Kamu" dan lainnya.
  2. Kelompok Lomba Teknologi Informasi, meliputi : e-Garut untuk kategori aplikasi ditentukan dan bebas, Perakitan Personal Computer dan Jaringan
  3. Kelompok Lomba Pengguna, meliputi Penyuluh "Demi Kamu" dan Cepat Tepat Teknologi Informasi dan Komunikasi Online

Bentuk kepanitian yang disepakati adalah Kepanitiaan Antar Lembaga yang diisi oleh perwakilan dari Pemerintah, Perusahaan, Perguruan Tinggi, dan Komunitas (Relawan / Komunitas TIK Garut). Disepakati ketua pelaksana dari badan publik, wakil ketua dari badan usaha milik negara, sekretaris dari lembaga pendidikan tinggi, bendahara dari komunitas. Seksi-seksi diisi oleh personal dari badan publik, badan usaha, lembaga pendidikan tinggi, dan komunitas. Waktu kegiatan yang disepakati adalah minggu akhir bulan Februari 2017, dengan peserta bebas, utamanya dari Sekolah dan Perguruan Tinggi bidang Informatika atau Teknologi Informasi dan Komunikasi. 

0 komentar :

Posting Komentar