Jumat, 22 Januari 2016

Pembahasan Program Pengabdian dengan KPMI se Garut



Pendidikan tinggi diamanatkan untuk melaksanakan Tridharma yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.Untuk melaksanakannya, STTG (Sekolah Tinggi Teknologi Garut) merencanakan programnya dan membangun komunikasi dengan pihak terkait dari unsur pemerintah, perusahaan, institusi pendidikan, ataupun masyarakat agar dapat besinergi satu sama lainnya dalam pelaksanaannya. Beberapa pihak yang siap besinergi telah diajak untuk menandatangani piagam kerjasama. Di antara program yang dilaksanakan terkait piagam kerjasama tersebut adalah KPMI (Kelompok Penggerak Masyarakat Informasi), yakni satuan relawan serbaguna di dalam Komunitas TIK sekolah yang melaksanakan kegiatan esktra kurikuler berupa layanan penyediaan dan edukasi informasi dan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) gratis bagi masyarakat di dalam dan di sekitar kampusnya, dan melaksanakan atau ikut dalam layanan kolaborasi antar KPMI / program bersama yang disepakati oleh semua unsur Quadruple Helix, yakni Pemerintah melalui Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika), Perusahaan, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat yang diwakili oleh Komunitas TIK Garut. KPMI merupakan luaran kerjasama STTG dengan Relawan TIK Indonesia tahun 2012.

Piagam kerjasama yang telah ditandatangani oleh STTG pada tahun 2015 terkait pendampingan KPMI adalah dengan Diskominfo Garut, SMK Ciledug, SMK Negeri 10 Garut, dan SMK Ma'arif Pameungpeuk. Kerjasama tersebut dilaksanakan oleh program studi Teknik Informatika. Kegiatan yang telah dilaksanakan yakni penjelasan KPMI dan usulan program bersama yang disampaikan kepada semua unsur Quadruple Helix pada bulan Desember 2015 yang juga dihadiri oleh perwakilan Direktorat Pemberdayaan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika, dan kepala Diskominfo Jawa Barat. KPMI sendiri telah dirintis sejak tahun 2013 oleh Komunitas TIK STTG, dikembangkan konsepnya melalui kegiatan penelitian, dan telah didiseminasikan konsepnya dalam Rapat Kerja Nasional Relawan TIK Indonesia, Festival TIK di Bandung, jurnal internasional, dan Seminar e Indonesia Initiative ITB. Konsep tersebut telah dilaksanakan oleh mahasiswa STTG melalui kegiatan kurikuler dalam matakuliah IT Volunteering dan kegiatan esktra kurikuler Komunitas TIK STTG. 

Pada tahun 2014, sejumlah sekolah / madrasah / pondok pesantren hadir dalam Konferensi Komunitas TIK Garut dan berkomitmen untuk ikut serta dalam program KPMI STTG. Program studi Teknik Informatika telah menurunkan mahasiswa untuk menyelenggarakan Training of Traineer di beberapa lembaga pendidikan tersebut baik melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika atau matakuliah IT Volunteering. Perkembangan KPMI di lembaga pendidikannya dipantau melalui aplikasi web KPMI yang merupakan luaran dari penelitian dosen dan mahasiswa Teknik Informatika. Agar persoalan yang menghambat pelaksanaan program KPMI segera diatasi dan capaiannya diketahui oleh semua KPMI, maka diperlukan pertemuan evaluasi KPMI.

Berdasarkan latar belakang tersebut, program studi Teknik Informatika STTG bermaksud mengundang pembina KPMI se Garut untuk :
  1. Mengevaluasi pelaksanaan KPMI sepanjang tahun 2015.
  2. Memberikan bimbingan teknis KPMI untuk tahun 2016.
  3. Menjelaskan program bersama Komunitas TIK Garut 2016 yang diikuti oleh KPMI se Garut. 
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi sebagaimana telah disampaikan pada latar belakang, berdasarkan Peraturan Menteri nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Hasil pelaksanannya akan menjadi masukan dalam borang akreditasi untuk standar penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini juga sejalan dengan skema program pendampingan yang telah dilaksanakan dan dilaporkan dalam borang akreditasi program studi Teknik Informatika tahun 2012 sebagaimana tampak pada gambar 1, di mana pada tahun 2015 mitra strategisnya meliputi Diskominfo Garut dan Telkom Group.


Gambar 1. Skema Pendampingan Lembaga Pendidikan

Keterlibatan ketua program studi yang dibantu sekretarisnya dalam pelaksanaan kegiatan ini sejalan dengan Surat Keputusan Ketua STTG nomor 170/STTG/A-1/III/2008 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja STTG, yakni sebagai pemimpin dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat pada tingkat program studi, serta membina dan melaksanakan kerjasama dengan instansi, badan swasta dan masyarakat. Kegiatan ini juga berkaitan dengan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Ketua kepada semua unsur organisasi STTG, yakni branding STTG sebagai bagian dari kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru STTG. 

1 komentar :

  1. postingan menarik, sangat bermanfaat. Semoga sukses terus. Terimakasih
    info Oppo Smartphone.
    Oppo Find 5 Midnight
    Oppo Neo 3
    Oppo Find Clover
    Oppo Find Piano

    BalasHapus